Waktu Paling Rawan Kriminalitas Selama Ramadhan

3:47 AM
Waktu Paling Rawan Kriminalitas Selama Ramadhan - seorang pemuda yang ditangkap warga Demak, Jawa Tengah, saat hendak mencuri sepeda motor mengaku butuh uang untuk merayakan Lebaran. Polisi masih memeriksa pelaku terkait sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang beroperasi menjelang sahur.



"Pemeriksaan sementara, pelaku katanya membutuhkan uang untuk Lebaran. Penyidik kini juga masih keterangan tersangka terkait dugaan dia memiliki jaringan atau sindikat curanmor," kata Kabag Ops Polres Demak, Kompol Sutomo kepada Okezone, Minggu (12/6/2016).

Polisi mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap aksi serupa pada waktu-waktu rawan kriminalitas. Warga juga diminta selalu mengecek ulang kunci rumah jika pergi ke masjid untuk Salat Tarawih atau tidur sebelum sahur.

"Kami mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati jika mau Salat Tarawih maupun setelah sahur. Tolong semua pintu dicek apakah sudah dikunci. Jika perlu, dikasih kunci ganda termasuk sepeda motor dikasih kunci rahasia. Kami perkirakan saat-saat itulah rawan kriminal," ucapnya.

Menurutnya, polisi terus meningkatkan kewaspadaan dengan menggelar patroli di permukiman warga. Langkah tersebut diharapkan mampu menekan angka kejahatan selama bulan puasa.

"Saat Salat Tarawih dan habis sahur saya perintahkan seluruh jajaran untuk meningkatkan patroli pada jam-jam rawan tersebut di permukiman," serunya.

Sebelumnya diberitakan, warga berhasil menggagalkan aksi pencurian kendaraan bermotor yang dilakukan Ryan Zulkarnaen (20), warga Desa Pundenarum RT 01/11 Kecamatan Karangawen, Demak. Percobaan pencurian itu bermula saat korban bernama Nela Rofiatul Fandhilah (21) warga Dukuh Pulo RT 05 RW 04 Kecamatan Guntur, Demak, usai mencuci sepeda motor kesayangannya di depan rumah.

"Kejadian persisnya sekira pukul 01.00 WIB, saya kan habis mencuci motor lalu saya parkir di depan rumah. Saya tinggal sebentar masuk rumah untuk mengambil minum, lha kok pas keluar motor itu sudah dituntun orang," ujar Nela.

Gadis itu pun berteriak minta tolong hingga membangunkan keluarga dan warga sekitar. Mereka beramai-ramai mengejar pelaku dan berhasil menangkapnya, baru kemudian melapor polisi.(Berita Kriminal)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »