KPK: Enam Kepala Daerah Berpotensi Korupsi

7:58 AM
KPK: Enam Kepala Daerah Berpotensi Korupsi - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan ada enam daerah yang perlu mendapat perhatian lebih karena berpotensi korupsi. "Aceh, Sumatera Utara, Riau, Banten, Papua, dan Papua Barat," kata Wakil Ketua KPK Laode Syarif di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 14 Juni 2016.

KPK telah mencokok Gubernur Riau yang terlibat korupsi. Selain itu juga Gubernur Banten Atut Chosiyah secara resmi diberhentikan dari jabatannya karena terbukti korupsi. Atut divonis bersalah oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi karena dianggap menyuap Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar sebesar Rp 1 miliar. Ia pun dijatuhi hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 5 bulan kurungan.

Enam daerah yang kepala daerahnya berpotensi korupsi itu akan menjadi fokus KPK. Namun bukan berarti daerah lain dianggap tidak berpotensi untuk terjadi korupsi. KPK akan mengawasi beberapa elemen sebagai langkah pencegahan, di antaranya sistem pelayanan publik, infrastruktur, keuangan negara, hingga akuntabilitas para pejabat.

Sekretaris Jenderal KPK Basaria Panjaitan menambahkan, pada 2016, ada 37 kasus yang ditangani KPK berstatus penyelidikan. Dari jumlah itu, ada 35 kasus yang masuk penyidikan, salah satunya penyidikan kasus rancangan peraturan daerah DKI Jakarta soal zonasi wilayah pesisir. Namun ia enggan menyebutkan rinci kasus-kasus yang masuk tahap penyidikan.  

Basaria mengatakan untuk menguatkan kinerja, KPK merekrut penyidik dari kepolisian. Ada 83 calon penyidik Polri untuk mengisi 45 posisi sebagai penyidik KPK. Strategi pemberantasan korupsi menggunakan tiga model, yaitu pencegahan terintegrasi, penindakan terintegrasi, serta pencegahan dan penindakan terintegrasi.
(Berita Kriminal)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
August 12, 2016 at 9:21 AM delete

saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Reply
avatar